Terbaru - √ Pengertian, Ciri Mollusca, Dan Klasifikasinya

Pengertian, Ciri Mollusca, dan Klasifikasinya – Keragaman mahkluk hidup di bumi bagai suatu tumpukan harta karun yang begitu menakjubkan. Moluska, salah satu phylum dari kingdom animalia yang juga memiliki keragaman jenis yang amat begitu kaya. Terdapat kurang lebih sekitar 85.000 jenis moluska yang masih hidup dan telah ditemukan di bumi. Ilmuwan memperkirakan terdapat 200.000 lebih spesies moluska yang ada di bumi. Lantas bagaimana kelompok moluska itu? Berikut ini ialah artikel lengkap mengenai moluska.


A. Pengertian Moluska


Kata moluska berasal dari Bahasa Yunani, molluscus yang berarti lunak. Moluska diartikan juga sebagai binatang bertubuh lunak. Karakteristik tubuh lunak inilah menjadi ciri khas pengelompokkan hewan ke dalam phylum ini. Moluska merupakan kelompok binatang tak bertulang belakang (avertebrata) yang mempunyai tubuh yang lunak. Struktur tubuhnya triploblastik selomata. Menurut perkembangannya, struktur tubuh yang demikian itu memiliki kemiripan dengan kelompok vertebrata (bertulang belakang). Sehingga para mahir beropini bahwa moluska masih kerabat erat dengan kelompok vertebrata.


Moluska merupakan phylum kedua terbesar pada kerjaan binatang setelah kelompok phylum Arthropoda. Kelompok moluska sanggup ditemukan di perairan maupun daratan. Tubuh yang lunak ialah cirri khas pada kelompok ini. Meski demikian, beberapa moluska mempunyai cangkang keras yang melindungi tubuh lunaknya itu. Adapun contoh hewan yang termasuk ke dalam phylum moluska ialah gurita, cumi, keong, tiram, dan lainnya.


B. Ciri – Ciri Moluska


Ciri utama kelompok moluska ialah bertubuh lunak. Di sisi lain, kelompok moluska memiliki sejumlah cirri atau karakteristik yang membedakan dengan kelompok binatang lainnya, yakni:


1. Bertubuh lunak

2. Tidak mempunyai tulang belakang

3. Tubuh terdiri atas kaki, badan, dan mantel

4. Memiliki tiga lapisan embrio dan rongga tubuh (triploblastik selomata)

5. Sistem saraf berupa cincin syaraf

6. Sistem pencernaan lengkap

7. Sistem eksresi memakai nefridia

8. Reproduksi secara secual

9. Merupakan binatang hermaprodit namun sempurna melaksanakan kawin silang

10. Tubuh simetris bilateral

11. Sistem peredaran darah terbuka (kecuali kelompok cephalopoda)

12. Sistem respirasi dengan paru – paru (darat); dan insang (perairan)



style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">


C. Klasifikasi Moluska


Moluska diklasifikasikan menjadi:


1. Kelas Gastropoda


Gastropoda merupakan kelompok dengan anggota paling banyak dalam phylum mollusca. Sekitar 40ribu jenis gastropoda yang telah teridentifikasi. Kelompok ini mempunyai ciri khas yakni mempunyai cangkang yang berulir. Disebut sebagai gastropoda lantaran kelompok ini berjalan dengan otot perutnya. Massa viseral kelompok gastropoda juga mengalami tosion sesuai dengan perkembangan tubuhnya. Kelompok ini tersebar di daratan dan perairan. Beberapa kelompok kehilangan cangkang dan juga torsion menyerupai pada kelompok slung (siput air). Pada gastropoda yang hidup didarat bernapas menggunakan paru – paru. Beberapa anggota merupakan herbivora. Mulut dilengkapi dengan geligi radula yang membantu mencerna makanannya.


2. Kelas Bivalvia


Kelompok bivalvia memiliki cangkang yang terbagi menjadi dua belahan dengan sambungan dibagian tengahnya. Terdapat otot adduktor pada kedua cangkang tersebut yang berfungsi mengendalikan (menarik atau mendorong) cangkang yang melindungi tubuh molusca yang lunak. Bivalvia akan membuka cangkangnya ketika akan bergerak dengan menjulurkan lidah kaki yang berbentuk mirip kapak. Lidah kaki ini akan mengais dasar perairan atau untuk menggakli dan menenggelamkan tubuh bivalvia. Kelompok bivalvia merupakan pemakan suspensi yakni memakan zat – zat organik yang terlarut bersama air. Beberapa bivalvia bersifat sesil (menempel di dasar perairan), menyerupai remis. Pada kelompok yang demikian, bivalvia mempunyai kemampuan untuk menghansilkan benang yang akan merekatkan dirinya dengan dasar perairan. Kelompok bivalvia tidak memiliki radula, selain itu kepalanya tidak terlihat terperinci. Kelompok ini bernapas dengan insang yang berbentuk mirip benang. Yang spesial dari kelompok bivalvia ialah beberapa anggotanya bisa menghasilkan benda yang sangat mahal, yaitu mutiara. Proses pembentukan mutiara ini berawal dari kotoran yang terbawa arus air masuk ke dalam tubuh bivalvia. Melalui pengkristalan di dalam tubuh bivalvia, kotoran tersebut diubah menjadi mutiara. Adapun tingkatan lapisan pada kelompok bivalvia ialah sebagai berikut:


a. Periostrakum, ialah lapisan paling luar yang berfungsi sebagai pelindung

b. Prismatic, lapisan tengah yang mengandung zat kapur kalsium karbonat

c. Nakreas, lapisan terdapat yang mengandung karsium karbonat yang halus dan juga merupakan kawasan pembentukan mutiara.


3. Kelas Cephalopoda


Kelompok ini memiliki kaki tepat dibagian kepalanya maka disebut kelompok cephalopoda atau hewan yang memiliki kaki di kepala. Cephalopoda ialah predator, pemakan daging (karnivora). Struktur alat gerak yang dimilikinya mendukung pergerakannya yang cukup cepat. Sebagian besar kelompok cephalopoda tidak memiliki cangkang kecuali pada Nautilus, yaitu satu – satunya cephalopoda bercangkang yang masih ditemukan sampai dikala ini. Atau cangkang mereduksi menjadi cangkang internal yang tipis ibarat pada cumi – cumi. Kelompok cephalopoda ialah satu – satunya anggota molluska yang memiliki sistem peredaran darah tertutup. Perkembangan sistem saraf pada cephalopodha juga paling baik lantaran telah ditemukan otak yang memungkinkan cephalopoda untuk berguru dan menjiplak.


4. Kelas Polyplacophora


Kelompok ini mempunyai tubuh menyerupai lempengan yang mana tubuh pecahan atasnya tertutupi dengan cangkang dari zat kitin membentuk lempengan. Chiton ialah salah satu jenis dalam kelas polyplacophora. Kaki berotonya sangat berpengaruh saat dipakai untuk menempel pada substrat atau dikala sedang berjalan. Chiton menggunakan radula untuk memotong dan menelan alga.


Demikian klarifikasi lengkap mengenai phylum Molluska, biar bermanfaat.



Sumber https://www.kakakpintar.id

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - √ Pengertian, Ciri Mollusca, Dan Klasifikasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel