Terbaru - √ Pengertian Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Pengertian & Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan – Salah satu cirri dari makhluk hidup ialah bergerak, tak terkecuali tumbuhan. Banyak yang mendefinisikan bergerak dengan berpindah tempat. Pengertian tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena bibit tumbuhan mangga yang kita tanam di depan rumah akan tetap berada di posisi yang sama hingga berbuah. Lantas bagaimana flora bergerak? Dan apakah flora benar – benar bergerak? Berikut ialah artikel lengkap yang mengupas secara tuntas ihwal gerak tumbuhan.


Pengertian Gerak Tumbuhan


Gerak pada tanaman diartikan sebagai suatu perpindahan posisi atau kedudukan seluruh badan atau pada potongan tubuh tumbuhan. Jika kita membahas pergerakan pada tumbuhan, maka tidak sempurna bila kita membandingkan dengan kelompok hewan yang mempunyai alat gerak. Pada beberapa kelompok tumbuhan tingkat rendah, mereka bisa berpindah posisi maupun kedudukannya.


Sementara pada kelompok flora tingkat tinggi ibarat tumbuhan berbiji, akan ditemukan hanya pada potongan tubuh tumbuhan. Pergerakan tubuh disebabkan oleh adanya rangsangan baik dari luar maupun dari dalam. Pergerakannya (seluruh badan maupun potongan tertentu dari tumbuhan) ini sanggup mendekati atau menjauhi arah datangnya rangsang.


Macam – Macam Gerak Pada Tumbuhan


Adapun macam gerak pada tumbuhan menurut arah rangsang dan gerak badan sanggup dibedakan menjadi:


1. Gerak Endonom


Gerak endonom merupakan gerak tumbuhan yang berasal dari dalam tubuh. Maksudnya gerakan ini berasal dari rangsangan di dalam tubuh. Gerakan ini dipengaruhi oleh kadar air maka disebut juga gerak hidroskopis. Contoh gerakan ini ialah memecahnya biji tumbuhan kacang – kacangan atau pecahnya kotak spora yang disebabkan oleh berkurangnya kadar air sehingga menjadikan kotak atau bungkusnya pecah. Dengan demikian, biji ataupun spora akan keluar dari dalam kotak spora.


2. Gerak Eksonom


Gerakan eksonom atau esionom ialah gerakan tumbuhan yang rangsangnya berasal dari luar tubuh tumbuhan. Gerakan ini sanggup berupa gerakan seluruh tubuh atau hanya potongan dari tubuh tumbuhan. Berdasarkan gerakannya, gerakan eksionom dibedakan menjadi:


a. Taksis


Ialah gerakan seluruh badan flora mendekati atau menjauhi sumber rangsang. Artinya dalam gerakan ini seluruh badan tumbuhan bergerak “pindah”, baik mendekati ataupun menjauhi sumber rangsang. Berdasarkan jenis rangsang yang tiba, gerakan taksis dibedakan menjadi:


a.1. Fototaksis


Ialah gerakan taksis yang dipengaruhi oleh rangsang cahaya. Contoh dari gerakan fototaksis ialah gerakan Euglena sp, yang mendekati sumber cahaya datang.


a.2. Kemotaksis


Adalah gerakan taksis yang dipengaruhi oleh rangsang senyawa kimia. Contoh gerakan ini ditunjukkan oleh sperma lumut atau tumbuhan paku atau spora yang jatuh di kepala putih. Kemudian bergerak mencari ovum dengan dipandu oleh senyawa kimia dari ovum.



style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">


b. Tropisme


Merupakan gerakan sebagian badan flora yang arahnya dipengaruhi oleh rangsang. Berbeda dengan taksis, gerakan tropisme hanya dilakukan oleh potongan badan saja. Jika gerakannya mendekati sumber rangsang maka disebut tropisme positif, sementara jika sebaliknya maka disebut tropisme negatif. Berdasarkan jenis rangsangnya, gerakan tropisme dibedakan menjadi:


b.1. Fototropisme


Fototropisme merupakan gerakan tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang cahaya. Fototropisme kasatmata ditunjukkan oleh gerakan ujung batang yang selalu mendekati arah datangnya cahaya, sementara fototropisme negatif ditujukkan oleh arah gerakan akar yang selalu menjauhi sumber cahaya.


b.2. Geotropisme


Geotropisme ialah gerakan tropisme yang disebabkan oleh rangsang gravitasi bumi. Geotropisme nyata ditujukkan oleh arah gerakan tumbuh akar yang selalu mendekati sumber gravitasi, sebaliknya gerakan ujung batang yang selalu menjauhi gravitasi disebut geotropisme negatif.


b.3. Hidrotropisme


Hidro berarti air. Oleh hasilnya, hidrotropisme merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh air. Hidrotropisme kasatmata ditunjukkan oleh gerakan akar yang selalu mendekati sumber air yang biasanya searah dengan gravitasi.


b.4. Tigmotropisme


Tigmotropisme ialah gerakan tropisme yang dipengaruhi oleh rangsang sentuhan. Gerakan ini ditunjukkan pada tumbuhan sulur atau merambat. Tumbuhan tersebut selalu mendekati atau melilit potongan yang menyentuhnya. Misalnya pada kacang – kacangan, daun sirih, anggur, timun, dan lainnya.


c. Nasti


Berbeda dengan kedua jenis gerakan sebelumnya, gerakan nasti tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerakan ini ialah gerak sebagian badan flora terhadap suatu rangsang. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerakan nasty dibedakan menjadi:


c.1. Termonasti


Termonasti merupakan gerakan nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan suhu. Gerakan ini ditunjukkan pada bunga tulip yang mekar saat isu terkini semi tiba di Belanda.


c.2. Niktinasti


Niktinasti atau disebut juga gerakan tidur. Hal ini dikarenakan gerakan ini terjadi ketika adanya rangsang cahaya gelap. Fenomena ini terjadi pada suku pete – petean, dimana daun- daun akan menutup dikala senja tiba. Sehingga seolah – seolah flora tersebut tertidur.


c.3. Fotonasti


Yakni gerakan nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contoh gerakan ini ditunjukkan oleh mekarnya bunga pukul 4 sore yang disebabkan oleh rangsangan cahaya pada jam – jam tersebut.


c.4. Seismonasti


Seismonasti ialah gerakan badan flora yang disebabkan oleh rangsang sentuhan. Contohnya ialah menguncupnya daun putri malu ketika mendapat sentuhan.


Demikian penjelasan mengenai gerakan pada tumbuhan. Dengan demikian, jelaslah sudah bahwa tanaman juga melakukan pergerakan yang juga menjadi salah satu cirri makhluk hidup. Sekian, agar bermanfaat.



Sumber https://www.kakakpintar.id

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - √ Pengertian Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel