Terbaru - Panduan Terbaru Tentang Pembuatan Rpp Ktsp Dan K13

Panduan Terbaru Tentang Pembuatan RPP KTSP Dan K Terbaru -  Panduan Terbaru Tentang Pembuatan RPP KTSP Dan K13

Sesuai dengan Permendiknas No. 41 tahun 2020 wacana Standar Proses, maka ada 3 proses yang harus dilalui oleh peserta didik pada kegiatan inti di aktivitas pembelajaran. ” Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di¬lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang¬kan, menantang, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta menyampaikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.”Apa, dan bagaimana proses tersebut?

Kegiatan  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melakukan kegiatan berikut:

  1. Melibatkan peserta didik mencari warta yang luas dan dalam ihwal topik/tema Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prin¬sip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  2. Menggunakan bermacam-macam pendekatan pembela¬jaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu lain;
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara akseptor didik dengan guru, lingkungan, dan sumber mencar ilmu lainnya;
  4. Melibatkan akseptor didik secara aktif dalam se¬tiap kegiatan pembelajaran; dan
  5. Memfasilitasi akseptor didik melaksanakan per¬cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Macam-macam alternatif kegiatan eksplorasi:

  • Membaca wacana
  • Mendengar ihwal
  • Berdiskusi tentang
  • Mengamati model (teks/ karya)
  • Mengamati demonstrasi
  • Mengamati simulasi kasus
  • Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
  • Mencoba melakukan kegiatan trtentu
  • Membaca masalah (bedah perkara)
  • Talk show
  • Werwawancara dengan sumber tertentu  (menggali warta)
  • Observasi terhadap lingkungan
  • Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
  • Mencoba bereksperimen
  • Bernyanyi  (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
  • Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas

Kegiatan Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru melakukan hal-hal berikut.

  1. membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-peran tertentu yang bermakna;
  2. memfasilitasi akseptor didik melalui dukungan kiprah, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul¬kan gagasan gres baik secara mulut maupun tertulis;
  3. memberi kesempatan untuk berpikir, menga¬nalisis, menuntaskan problem, dan bertindak tanpa rasa takut;
  4. memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  5. memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  6. memfasilitasi akseptor didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik ekspresi maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  7. memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  8. memfasilitasi akseptor didik melakukan pameran, turnamen, pekan raya, serta produk yang dihasilkan;
  9. memfasilitasi penerima didik melakukan aktivitas yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa per¬caya diri akseptor didik.

Macam-macam alternatif kegiatan penjelasan terperinci:

  • Diskusi/ mandiri
  • Mengidentifikasi ciri
  • Menemukan konsep
  • Melakukan generalisasi
  • Mencari penggalan-bab
  • Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
  • Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
  • Membandingkan dengan dunia positif atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
  • Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
  • Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
  • Mengidentifikasi  mana yang beda/sama dengan model bandingkan/kriteria dan mana yang lebih baik
  • Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
  • Mengurutkan
  • Mengelompokkan
  • Mengkombinasikan
  • Menyusun mana yang bekerjasama dan mana yang tidak
  • Menguhung-hubungkan (mencari model kekerabatan)
  • Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk klarifikasi terperinci)

Kegiatan Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru melakukan kegiatan-kegaiatan berikut.

  1. memperlihatkan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk mulut, goresan pena, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan akseptor didik,
  2. menunjukkan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi akseptor didik melalui aneka macam sumber,
  3. memfasilitasi akseptor didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman berguru yang telah dilakukan,
  4. memfasilitasi akseptor didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar;
  5. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan akseptor didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
  6. membantu merampungkan persoalan;
  7. memberi pola supaya peserta didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
  8. memberi isu untuk bereksplorasi lebih jauh;
  9. memperlihatkan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi

Macam-macam alternatif kegiatan konfirmasi:

  • Penyimpulan
  • Memberikan balikan apa yang dikerjakan penerima didik
  • Penjelasan mengapa salah
  • Penjelasan mana yang bnar dan yang salah
  • Meluruskan yang salah
  • Menegaskan yang benar
  • Melanjutkan/ menambahkan  yang kurang
  • Mengangkat kasus yang salah dan yang benar  - menjelaskan mengapa salah/benar
  • Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
  • Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
  • Menjelaskan bagaimana seharusnya
  • Menciptakan rubrik

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Panduan Terbaru Tentang Pembuatan Rpp Ktsp Dan K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel