Terbaru - Cara Riset Keyword Sesuai Target Untuk Seo Website Anda

Cara Riset Keyword Sesuai Target Untuk Seo Website Anda - Riset keyword kerap kali menjadi trik ampuh ketika mengalami deadlock ide postingan. Selain itu, riset keyword juga wajib dilakukan jika Sahabat Qwords ingin memiliki website/blog dengan banyak traffic yang bisa meningkatkan potensi penjualan. Sayangnya, tidak banyak blogger yang tau bagaimana cara riset keyword yang baik dan benar sehingga artikel yang ditulis kadang kurang optimal.

Pengertian Apa Itu Keyword?



Keyword atau kata kunci merupakan satu atau rangkaian beberapa kata yang diketikkan oleh pengguna dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dari website yang ada di internet. Contoh dari keyword misalnya “Cara membuat website WordPress”, “Hosting Indonesia terbaik”, atau “Beli domain”


Dalam istilah digital marketing keyword dibedakan menjadi dua jenis, yakni paid keyword dan organic keyword. Sama seperti namanya, paid keyword merupakan kata kunci berbayar yang muncul dari iklan. Sedangkan organic keyword adalah kata kunci yang secara natural berasal dari pengunjung tanpa perlu mengeluarkan uang.


Mencari keyword yang banyak dicari memang susah-susah gampang. Anda bisa menemukan keyword long tail maupun short tail yang banyak dicari sekaligus rendah kompetisi melalui berbagai cara. Di bawah ini sudah kami rangkum tips dan tutorial cara riset keyword menggunakan beberapa tool jika Anda tertarik untuk mempelajarinya.

Tips Riset Keyword yang Tepat

1. Fokus Pada Long Tail Keyword

Jika Anda sedang mengembangkan blog baru sebaiknya Anda lebih fokus untuk mengincar keyword panjang dengan rentang mulai dari 4 hingga 6 kata. Pemilihan keyword yang juga dikategorikan sebagai Long-tail tersebut bertujuan agar website Anda bisa langsung masuk ke page one Google karena biasanya tidak banyak yang mengincar keyword tersebut.


Terlepas dari itu, long-tail keyword sedikit banyak juga mampu membentuk karakter pembaca di website Anda. Pasalnya, infrormasi informasi yang disajikan lebih spesifik serta terstruktur sesuai apa yang sedang dicari pengguna.


2. Banyak Membaca & Ngobrol dengan Orang Lain

Cara ini bisa Anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Jadilah pendengar yang baik dan cerna setap permasalahan / keperluan yang sedang banyak dibutuhkan oleh orang lain. Setelah ketemu, kemudian Anda bisa memberikan tanggapan sebagai solusi atas masalah tersebut.

3. Tentukan Prioritas Kata Kunci Berdasarkan Tipe Konten



Salah satu tips paling jitu dalam melakukan riset kata kunci adalah mengenali karakteristik konten website kemudian menentukan prioritas. Ketika menggunakan tools sebagai alat riset keyword tentu Anda akan menemukan informasi seperti volume pencarian, tingkat persaingan / keyword difficult, hingga tujuan.


Meski kerap kali diabaikan, namun metode ini sebenarnya cukup ampuh jika diterapkan. Contohnya, jika Anda merupakan seorang pelapak digital maka metode utrutan riset kata kunci yang harus Anda utamakan adalah volume pencarian, kemudian maksud dan tujuan (intent), lalu baru tingkat persaingan. Beda lagi jika Anda memiliki website jasa, maka metode riset yang digunakan sebaiknya memprioritaskan pada maksud & tujuan, volume pencarian, baru tingkat persaingan.


Lantas, bagaimana jika website yang digunakan memiliki tipe informatif seperti blog untuk mencari uang di Internet melalui Adsense? Untuk konsep website seperti itu sebaiknya menggunakan metode riset yang mengutamakan besar volume pencarian, kemudian tingkat persaingan, dan yang terakhir intent.


Cara Mencari Keyword Sesuai Target 

Membangun website professional membutuhkan skill riset keyword semoga terhindar dari kesalahan blogger dan pebisnis pemula. Oleh lantaran itu, simak penjelasan dibawah ini tips mencari keyword berpotensi.

Persaingan Rendah

Trik mencari keyword yang pertama yakni keyword mempunyai persaingan rendah. Ketika Anda menentukan keyword dengan persaingan rendah, pastinya akan lebih mudah mendapat peringkat pertama di google. Perlu diketahui terlebih dahulu, kembali ke tujuan Anda. Apakah membangun web isu atau web bisnis. Berikut tips mencari keyword potensial.

Blog

Memiliki blog dengan banyak pengunjung merupakan impian semua blogger. Dengan traffic banyak blog akan mengasilkan banyak rupiah. Disinilah skill riset keyword Anda diuji, dimana Anda harus mencari keyword dengan dan persaingan rendah.

Jualan

Keyword potensial tidak harus pencariah banyak. Kembali lagi ke tujuan awal membuat website. Apakah anda ingin menjadi blogger atau pebisnis online.
Jika passion Anda berjualan online, Anda tidak perlu mencari keyrword dengan pencarian banyak. Alasannya sebab keyword jualan biasanya sudah mempunyai value tinggi dibanding keyword info. Alangkah lebih baiknya, keyword mempunyai pencarian banyak dan value tinggi.

Volume Tinggi

Setelah Anda mengetahui persaingan dihalaman pertama google, sebaiknya riset keyword selanjutnya yakni mengetahui volume pencarian setiap bulan dari keyword tersebut. Apakah layak untuk dijadikan konten atau belum?

Blog

Selain memerhatikan faktor persaingan, Anda hendaknya melihat juga jumlah orang yang mencari dengan keyword tersebut. Berdasarkan pengalaman terjun di dunia online, keyword dengan pencarian tinggi akan sebanding dengan persaingannya. Tentunya blogger berlomba-lomba ingin mengoptimasi keyword tersebut.

Jualan

Seperti yang telah dijelaskan pada jenis-jenis keyword. Bahwa buying keyword biasanya memiliki volume rendah, bisa 200 hingga 1000 tiap bulannya. Namun anda tidak perlu khawatir, itu hanyalah estimasi jumlah pencarian saja.

Memiliki Value

Kesalahan pebisnis pemula adalah terlalu fokus pada traffic hingga melalaikan faktor ini. Value disini bisa konversi dari nilai penjualan atau CPC ( Cost Per Click ) untuk para blogger. Dari sini juga terdapat istilah penyembah traffic dan penyembah CPC.

Apa arti istilah tersebut?
Faktanya, ada orang menggebu-gebu meningkatkan traffic website untuk meningkatkan penghasilan Adsense. Disisi lain ada orang yang bermati-matian mengoptimasi keyword dengan CPC tinggi.

Blog

Bagi seorang blogger ada 2 peluang untuk menghasilkan dari Adsense. Ingin meningkatkan traffic atau menentukan keyword tertentu dengan CPC tinggi. Perlu diketahui, ini merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Yang terpenting balasannya memuaskan, untuk cara bisa fleksibel asalkan halal dan berkah.

Jualan

Di Pesantren Sintesa diajarkan mencari produk potensial untuk melakukan bisnis. Mulai dari riset hingga bagaimana cara melayani pembeli. Banyak juga santri dan alumni mempunyai penghasilan pejabat kerja merakyat. Dengan kata lain do nothing get everything, sangat enak bukan? Tentunya untuk mencapai ini perlu kerja keras dan pengorbanan lebih dibanding lainnya.

Tool Riset Keyword



Dalam melakukan riset keyword Anda membutuhkan alat bantu untuk mempermudahnya. Dengan tools ini Anda dengan sangat mudah melihat banyak keyword hanya dengan satu klik. Bahkan, Anda juga bisa mengintip daleman website kompetitor juga lho Sstttt…


Dikesempatan kali ini, Anda akan belajar cara riset keywor dengan tools gratis dan berbayar. Bagi Anda yang baru memulai bisnis online sebaiknya menggunakan tools gratisan terlebih dahulu. Baru setelah memiliki modal bisa mencoba tool premium riset keyword, dan rasakan perbedaannya hehehe


Di kesempatan kali ini akan dicontohkan cara mencari keyword potensial dengan tools gratis. Sebenarnya banyak sekali tool cari keyword, untuk mengerucutkan dan mempermudah mempelajari, kali ini Anda akan memakai Ubersuggest.
Ubersuggest adalah tool riset keyword rekomendasi tool riset keyword gratisan. Sebelumnya tools ini berdiri sendiri, kemudian diakuisisi oleh Neil Patel. Seorang internet marketer dunia. Kemampuan dalam dunia SEO tidak diragukan lagi.


 Cara Riset Keyword Sesuai Target Untuk Seo Website Anda  Terbaru -  Cara Riset Keyword Sesuai Target Untuk Seo Website Anda


Bagaimana cara memilih keyword yang tepat?. Lakukan riset sebagai cara menentukan keyword sesuai target. Cara memilih keyword (kata kunci) yang tepat karena keyword yang baik adalah salah satu teknik SEO, dan menentukan kata kunci yang tepat adalah salah satu modal pertama untuk menjaring trafik blog/website. Membuat kata kunci untuk blog/website sangat susah-susah gampang. Jadi jangan memandang remeh masalah ini. Ini adalah urat nadi trafik di blog Anda. Salah memilih "keyword", maka optimisasi SEO Anda akan sangat berat.


Memilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika Anda memilih keyword yang salah maka jangan heran jika blog Anda sepi pengunjung bagaikan kuburan. Kalau blognya sudah sepi pengunjung nanti ujung-ujungnya jadi males ngeblog. Kalo sudah males ngeblog kemungkinan besar bakalan berhenti ngeblog. Tapi mudah-mudahan dengan membaca postingan ini Anda nggak akan berhenti ngeblog sampai benar-benar bisa mendapatkan pengunjung yang banyak. Riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci merupakan salah satu bagian dalam strategi SEO atau pengoptimalan mesin pencari. Bagi Anda yang ingin meningkatkan pengunjung blog dari mesin pencari maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan riset keyword. Anda tetap bisa mendapatkan pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword, tapi bisa dipastikan tidak akan maksimal.

Sesuai judul artikel ini "cara memilih dan menentukan keyword yang tepat sesuai target". Maka bagaimana cara Kita memilih kata kunci/keyword yang paling baik untuk dioptimasi?. Memang "keyword" merupakan senjata ampuh untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Cara memilih keyword atau kata kunci yang benar dan tepat menjadi hal yang sangat penting karena kata kunci atau keywords adalah dasar dari semua kampanye di Google AdWords. Seperti yang Kita ketahui menggunakan keyword yang tepat untuk website maka akan menjadikan blog/website menjadi SEO.

Cara memilih keyword (kata kunci) yang tepat untuk situs Anda merupakan salah satu teknik yang paling penting dalam SEO. Karena dengan memilih keyword/kata kunci yang tepat saja maka trafik situs Anda akan menjadi baik. Memilih kata kunci yang tepat merupakan tantangan besar bagi para blogger. Penggunaan keyword yang baik akan mampu membawa blog/website kepada target yang diinginkan. Karena itu maka jelas tahap awal saat penentukan dan pemilihan kata kunci atau keyword yang tepat perlu dikerjakan terlebih dulu sebelum Anda membuat blog.

Maka pilihlah keyword yang tepat untuk menentukan keyword yang sesuai target dengan melakukan riset. Bagaimana cara Kita melakukan riset kata kunci/keyword yang paling baik dan tepat sesuai target?. Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikkan oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik blog Anda. Sebaiknya sebelum membuat blog atau membuat artikel Anda melakukan riset keyword. Dengan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama "Ubersuggest" dan juga "Google Adwords". Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords, namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh karena itu Kita memerlukan bantuan dari Ubersuggest. Fungsi dari Ubersuggest disini adalah untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama yang Kita target. Tujuannya tentu saja untuk menemukan long tail keyword. Sedangkan tugas dari Google Adwords sendiri sudah pasti untuk menganalisis jumlah pencarian dan juga tingkat persaingan pengiklan AdWords.

Cara menentukan keyword yang tepat memang gampang-gampang susah. Ada banyak cara riset keyword yang tepat untuk optimasi sebuah situs. Namun sebelum memilih keyword/kata kunci, perlu dilakukan analisa. Keyword atau kata kunci yang sering dipakai sebagai kriteria pencarian pada mesin pencari, harus ada dalam artikel. Agar situs Anda menjadi relefan itu sangat penting sebagai SEO pemilihan keyword yang tepat untuk optimasi sebuah situs. Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan untuk menentukan kata kunci atau keyword. Apa saja itu?, berikut faktor penting yang harus diperhatikan untuk memilih keyword.
1. Perhatikan keseimbangan nilai kompetisi dan jumlah pencarian bulanan. Usahakan memilih kata kunci yang persaingannya tidak terlalu tinggi, tetapi banyak dicari orang.

2. Sebaiknya jika blog Anda masih baru, fokuslah untuk memperbanyak variasi kata kunci panjang (terdiri dari 5 kata atau lebih). Ini penting, karena Anda bisa kehabisan nafas jika berusaha menguasai kata kunci dua kata seperti "tutorial blog". Kata kunci pendek dan banyak dicari orang, sudah menjadi jatah blog bereputasi dan punya otoritas. Blog bereputasi biasanya sudah berumur, dan blog berotoritas adalah blog yang punya backlink dalam jumlah yang luarbiasa dengan cara yang dinilai natural oleh robot search engine.

3. Jika Anda masih pemula maka keyword panjang atau sering disebut "long tail keyword" jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan Anda untuk menguasai posisi teratas mesin pencari.

Setelah riset Anda lakukan, kemudian tentukan keyword yang tepat. Cara menentukan keyword sesuai target, ada baiknya untuk lebih dulu memahami beberapa jenis-jenis keyword karena dalam dunia per-SEO-an, keyword memiliki banyak sekali jenis, diantaranya adalah:


1. Short tail keyword

Short tail keyword adalah kata kunci yang pada umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya seperti ini :Android, Android Murah.


2. Long tail keyword

Long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword. Contohnya seperti ini: Daftar Smarphone Android Paling Keren.


3. Keyword abadi

Keyword abadi adalah sebuah kata kunci yang selalu digunakan orang untuk mencari informasi pada mesin pencari dan tidak akan basi ditelan zaman. Contohnya kata kunci berikut ini: “Cara menyembuhkan sakit kepala”.


4. Keyword musiman

Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat. Contohnya kata kunci berikut ini: “Hasil pertandingan Real Madrid vs Juventus”.

Memilih keywords yang tepat adalah aspek terpenting untuk mendapatkan keyword yang tepat sesuai target.

Setelah melakukan semua di atas makacara menentukan dan menentukan keyword yang sempurna sesuai target sudah bisa Anda lakukan. Jika Anda sudah menemukan keyword yang sempurna sesuai sasaran maka langkah selanjutnya tentu saja mengeksekusi keyword dan mengoptimasi keyword tersebut. Letakan keyword pada 100 kata pertama dalam artikel. Keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel Anda. Semakin awal semakin manis. Tidak bisa dipungkiri ketika ini kualitas konten memang menjadi faktor penting dalam SEO. Di sisi lain backlink yang kita tahu selama ini menjadi faktor utama peringkat mesin pencari semakin kesini mulai semakin berkurang perannanya. Praktis-mudahan artikel ini sanggup menunjukkan manfaat buat Anda. Kurang lebihnya silahkan disampaikan di komentar

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Cara Riset Keyword Sesuai Target Untuk Seo Website Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel