Terbaru - 90% Mirip!! Download Kisi-Kisi Skb Keguruan, Guru Kelas Sd Cpns 2020
PEDAGOGIK
A. TES OBJEKTIF
Tes objektif yang juga dikenal dengan istilah tes jawaban pendek (short answer test) tes yatidak (yes-no test) dan test model baru (new tipe test) adalah salah satu jenis tes hasil belajar
yang terdiri dari butir-butir soal (item) yang dapat jawab oleh testee dengan jalan memilih
salah satu jawaban (atau lebih) di antara beberapa kemungkinan jawaban yang dapat
dipasangkan pada masing-masing items atau dengan cara mengisikan (menuliskan) jawaban
berupa kata-kata atau simbol-simbol tertentu pada tempat atau ruang yang telah disediakan
untuk masing-masing butir items yang bersangkutan.
1. Menjodohkan
Teknik Penyusunan
a. Pastikan seri pertanyaan atau pernyataan (kolom pertama/jalur kiri) dan seri jawaban
(kolom kedua/jalur kanan) bersifat homogen, agar salah satu dari semua seri jawaban ada
kemungkinan sebagai jawaban yang benar.
b. Pastikan petunjuk mengerjakan tes jelas
c. Seyogyanya seri pertanyaan atau pernyataan tidak lebih dari lima item, karena kalau lebih
akan membingungkan dan mengurangi homogenitas
d. Seyogyanya seri jawaban lebih banyak dari seri pernyataan atau pertanyaan untuk
mendorong peserta tes lebih cermat.
e. Seyogyanya seri pernyataan (stem) diberi urut dengan menggunakan nomor dan seri
jawaban dengan menggunakan huruf.
f. Seyogyanya tes ditulis dalam halaman yang sama
B. KEGIATAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
KEGIATAN REMEDIAL
Prosedur Remedial
Dalam melaksanakan kegiatan remedial sebaiknya mengikuti langkah-langkah sebagai
berikut:
1. Analisis Hasil Diagnosis
Diagnosis kesulitan belajar adalah suatu proses pemeriksaan terhadap siswa yang diduga
mengalami kesulitan dalam belajar. Melalui kegiatan diagnosis guru akan mengetahui para siswa
yang perlu mendapatkan bantuan. Untuk keperluan kegiatan remedial, tentu yang menjadi fokus
perhatian adalah siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar yang ditunjukkan tidak
tercapainya kriteria keberhasilan 80%, maka siswa yang dianggap berhasil.
Setelah guru mengetahui siswa-siswa mana yang harus mendapatkan remedial, informasi
selanjutnya yang harus diketahui guru adalah topik atau materi apa yang belum dikuasai oleh siswa
tersebut. Sebelum merancang kegiatan remedial, terlebih dahulu harus mengetahui mengapa siswa
mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran.
2. Menyusun Rencana Kegiatan Remedial
Setelah diketahui siswa-siswa yang perlu mendapatkan remedial, topik yang belum
dikuasai setiap siswa, serta faktor penyebab kesulitan, langkah selanjutnya adalah menyusun
rencana pembelajaran. Sama halnya pada pembelajaran pada umumnya, komponen-komponen
yang harus direncanakan dalam melaksanakan kegiatan remedial adalah sebagai berikut;
· Merumuskan indikator hasil belajar
· Menentukan materi yang sesuai engan indikator hasil belajar
· Memilih strategi dan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa
· Merencanakan waktu yang diperlukan
· Menentukan jenis, prosedur dan alat penilaian.
3. Melaksanakan Kegiatan Remedial
Setelah kegiatan perencanaan remedial disusun, langkah berikutnya adalah melaksanakan
kegiatan remedial. Sebaiknya pelaksanaan kegiatan remedial dilakukan sesegera mungkin, karena
semakin cepat siswa dibantu mengatasi kesulitan yang dihadapinya, semakin besar kemungkinan
siswa tersebut berhasil dalam belajarnya
4. Menilai Kegiatan Remedial
Untuk mengetahui berhasil tidaknya kegiatan remedial yang telah dilaksanakan, harus
dilakukan penilaian. Penilaian ini dapat dilakukan dengan cara mengkaji kemajuan belajar siswa.
Apabila siswa mengalami kemauan belajar sesuai yang diharapkan, berarti kegiatan remedial yang
direncanakan dan dilaksanakan cukup efektif membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Tetapi, apabila siswa tidak mengalami kemajuan dalam belajarnya berarti kegiatan remedial yang
direncanakan dan dilaksanakan kurang efektif.
Strategi dan Teknik Remedial
Beberapa teknik dan strategi yang dipergunakan dalam pelaksanaan pembelajaran remedial
antara lain, (1) pemberian tugas/pembelajaran individu (2) diskusi/tanya jawab (3) kerja kelompok
(4) tutor sebaya (5) menggunakan sumber lain.
1. Pemberian Tugas
Dalam pemberian tugas dapat dilakukan dengan berbagai jenis antara lain dengan pemberian
rangkuman baik dilakukan secara individual maupun secara kelompok, pemberian advance
organizer dan yang sejenis.
2. Melakukan Aktivitas Fisik
Ada konsep-konseps yang lebih mudah dipahami lewat aktivitas fisik, misal contoh,
memahai bahwa volume fluida tidak berubah kalau berada di dalam wadah yang berbeda
bentuknya. Anda sebaiknya menggunakan berbagai media dan alat pembelajaran sehingga dapat
mengkonkritkan konsep yang dipelajarinya, selain itu hendaknya Anda banyak memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengunakan media terebut, karena siswa pada umumnya
perkembangan berpikir mereka berada pada tingkat operasional konkrit. Mereka akan dapat
mencerna dengan baik konsep yang divisualisasikan atau dikonkritkan.
3. Kegiatan Kelompok
Diskusi kelompok dapat digunakan guru untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
belajar. Yang perlu diperhatikan guru dalam menetapkan kelompok dalam kegiatan remedial
adalah dalam menentukan anggota kelompok. Kegiatan kelompok dapat efektif dalam membantu
siswa, jika diantara anggota kelompok ada siswa yang benar-benar menguasai materi dan mampu
memberi penjelasan kepada siswa lainnya.
Donwload File
Belum ada Komentar untuk "Terbaru - 90% Mirip!! Download Kisi-Kisi Skb Keguruan, Guru Kelas Sd Cpns 2020"
Posting Komentar