Terbaru - Download Penilaian Aplikasi Skoring Akreditasi Untuk Sd/Mi, Smp/Mts & Sma/Smk/Ma

 Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendor Terbaru -  Download Penilaian Aplikasi Skoring Akreditasi Untuk SD/MI, SMP/MTs & SMA/SMK/MA
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum madrasah ibtidaiyah pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran gres, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan. 
Kurikulum adalah seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan acara pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi tempat, dan penerima didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yakni kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2020 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.
Pengembangan kurikulum disusun antara lain biar sanggup memberi kesempatan akseptor didik untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) berguru untuk memahami dan menghayati, (c) berguru untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) berguru untuk hidup bersama dan memiliki kegunaan untuk orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Kewenangan madrasah dalam menyusun kurikulum memungkinkan madrasah menyesuaikan  dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi tempat. Dengan demikian, daerah dan atau madrasah mempunyai cukup kewenangan untuk merancang dan memilih  hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman berguru, cara mengajar, dan menilai keberhasilan mencar ilmu mengajar.

Catatan: 
Untuk Mendapatkan Password Silakan Hubungi SMS/WA 0853-8611-7714

Download File
Download Penilaian Aplikasi Skoring Akreditasi Untuk Sekolah Dasar/MI
Download Penilaian Aplikasi Skoring Akreditasi Untuk SMP/MTs
Download Penilaian Aplikasi Skoring Akreditasi Untuk Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan/MA

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Download Penilaian Aplikasi Skoring Akreditasi Untuk Sd/Mi, Smp/Mts & Sma/Smk/Ma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel