Terbaru - Teknik Seo Mengenal Istilah Keyword (Kata Kunci) Blog
Teknik SEO Mengenal Istilah Keyword (Kata Kunci) Blog - Kata kunci atau keyword merupakan bagian paling penting pada artikel. Karena kata kunci inilah yang menentukan layak tidaknya sebuah artikel untuk bersaing di mesin pencari seperti google, bing, yandex ataupun yahoo.
Oleh sebab itu, dalam menentukan kata kunci tidak boleh sembarangan. Sebelum menentukan kata kunci sebaiknya kita menganalisa terlebih dahulu atau biasa disebut riset keyword. Melakukan riset keyword merupakan bagian paling pertama yang harus kalian lakukan sebelum mulai menulis artikel pada blog atau website.
Dengan memilih kata kunci yang tepat akan membuat artikel kalian semakin mudah untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian. Tentunya kalian tidak ingin artikel yang sudah kalian buat dengan kerja keras dan waktu lama diabaikan oleh mesin pencari hanya karena kata kunci tidak tepat.
kita akan membahas lebih dalam mengenai Keyword.
Sebelumnya, keyword ialah aspek dalam SEO yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan, alasannya memang sangat membantu mesin pencari dalam proses pengindexan, keyword ini juga digunakan oleh user untuk mencari atau menelusuri suatu informasi di dunia maya. Artinya baik user mesin pencari, mesin pencari serta blogger semuanya memakai keyword dalam setiap aktivitas yang mereka lakukan dalam konteks ini. kemudian, ibarat apa klarifikasi, cara kerja dan penggunaan keyword dalam SEO ? langsung saja kita simak bahasannya di bawah ini ;
Oleh sebab itu, dalam menentukan kata kunci tidak boleh sembarangan. Sebelum menentukan kata kunci sebaiknya kita menganalisa terlebih dahulu atau biasa disebut riset keyword. Melakukan riset keyword merupakan bagian paling pertama yang harus kalian lakukan sebelum mulai menulis artikel pada blog atau website.
Dengan memilih kata kunci yang tepat akan membuat artikel kalian semakin mudah untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian. Tentunya kalian tidak ingin artikel yang sudah kalian buat dengan kerja keras dan waktu lama diabaikan oleh mesin pencari hanya karena kata kunci tidak tepat.
kita akan membahas lebih dalam mengenai Keyword.
Sebelumnya, keyword ialah aspek dalam SEO yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan, alasannya memang sangat membantu mesin pencari dalam proses pengindexan, keyword ini juga digunakan oleh user untuk mencari atau menelusuri suatu informasi di dunia maya. Artinya baik user mesin pencari, mesin pencari serta blogger semuanya memakai keyword dalam setiap aktivitas yang mereka lakukan dalam konteks ini. kemudian, ibarat apa klarifikasi, cara kerja dan penggunaan keyword dalam SEO ? langsung saja kita simak bahasannya di bawah ini ;
Apa Itu Keyword ? Bagaimana Cara Kerjanya Pada Artikel Blog
Setiap orang yang memiliki website, niscaya menginginkan semoga websitenya berada dihalaman pertama pencarian Google. Bagaimana caranya? Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu optimalisasi SEO. Pada SEO terdapat satu faktor yang dinamakan keyword (kata kunci).
Keyword merupakan kata yang digunakan mesin pencari untuk menganalisis suatu website atau blog. Agar website kamu mudah ditemukan pada mesin pencarian, maka kamu harus menggunakan keyword yang tepat.
Apa itu Keyword
Keyword yakni kata kata yang menyusun suatu kalimat singkat yang sanggup mendefinisikan atau menjelaskan mengenai isi keseluruhan konten atau objek yang dijelaskan. Kata kunci terdiri dari 2 yaitu longtail dan shortail keyword. Contoh dari short tail keyword yaitu “cara menciptakan website” sedangkan contoh dari long tail keyword ialah “cara menciptakan website gampang tanpa coding”. Dari dua pola diatas kita mengetahui bahwa kata kunci tersebut merujuk pada sebuah atau beberapa artikel mengenai cara pembuatan website. Sedangkan perbedaan dari long tail dan short tail keyword hanya terletak pada seberapa panjang kata kata penyusunnya. Biasanya untuk short tail menggunakan 3 atau 4 kata sedangkan long tail keyword menggunakan lebih dari 5 kata kata penyusun.
Bagaimana Cara Kerja Keyword
Cara kerja keyword terbagi menjadi tiga dan dilihat dari sudut pandang penggunanya. Dalam konteks diatas tadi, kita sudah tahu, ada tiga pengguna yaitu user search engine, search engine dan satu lagi blogger. Pertama blogger, blogger akan memposting suatu artikel atau konten postingan di dalam website atau blog mere dengan menyertakan kata kunci tertentu, selanjutnya mesin pencari akan mengidentifikasikan dan mengindeks konten yang baru diposting tersebut ke dalam indeksnya. Mesin pencari juga menggunakan keyword atau kata kunci untuk mendefinisikan konten postingan tadi sehingga dapat diindex dengan tepat. Setelah itu, user akan mencari suatu informasi di didunia maya dengan bantuan dari mesin pencari. Nah, dia akan mengetikan kata kunci di dalam kotek pencarian mesin pencari, dan mesin pencari akan mencocokan kata kata yang diketik user atau kata kuncinya dengan segala konten di dunia maya yang sudah ada dan diindex. Sehingga mesin pencari dapat memberikan daftar hasil pencarian berupa tautan ke pada user yang mencari informasi dengan menggunakan kata kunci tersebut. Jadi baik user, search engine atau blogger menggunakan kata kunci atau keyword untuk setiap aktivitas yang mereka jalankan.Penggunaan Keyword Dalam Blogging
Nah, sehabis kita mengetahui Penjelasan Mengenai Keyword serta bagaiamana keyword itu bekerja dalam konteks ini, tentu kita mengetahui bahwa keyword sangat penting dalam urusan SEO. Maka dari itu sudah seharusnya kita mulai memperhatikan keyword dalam setiap postingan yang kita post di dalam website kita. Keyword harus digunakandalam setiap konenpostingan kita, dan ada beberapa kawasan yang paling ideal yang dapat kita sisipkan keyword dalam penggalan konten postingan
- Yang pertama yaitu di penggalan judul dari postingan. Bagian judul yakni pecahan paling pertama yang harus kita sisipkan kata kunci, anda bisa memakai kata kunci jenis long tail di dalam bagian judul konten anda. Sebab penggalan judul adalah item paling utama yang akan dilihat dan di cocokan mesin pencari dan cuilan judul postingan ini akan muncul di lama hasil pencarian mesin pencari
- Bagian yang kedua yakni cuilan awal paragraf pertama. Anda bisa mengcopi bagian judul anda dan meletakannya di pecahan awal paragraf pertama anda, jadi kalimat judul diletakan di penggalan paling depan dalam isi konten artikelnya. Sama seolah-olah judul, cuilan ini juga akan dicocokan mesin pencari dan akan muncul di laman hasil pencarian mesin pencari.
- Yang ketiga yaitu di cuilan gambar. Pastinya anda memiliki gambar gambar untuk setiap postingan anda, entah untuk hiasan atau sebagai keterangan dan pendukung konten artikelnya, nah gambar gambar ini dapat anda sisipkan keyword. Anda bisa menyisipkan keyword sebagai nama atau titel dari gambar gambar tersebut, keyword yang sama dengan yang anda pakai di penggalan titel, dan awal paragraf pembuka tadi. Selain itu ada juga bagian tag alt yang bisa anda sisipkan keyword yang sama, inilah penggunaan keyword di pecahan konten postingan.
Fungsi Keyword Pada Search Engine
Search engine / mesin pencari melakukan pemeringkatan website berdasarkan banyak faktor.Salah satunya adalah faktor keyword atau kata kunci.
Kata kunci merupakan pondasi untuk membuat konten artikel.
Kalau kata kunci utamanya belum ada, akan sangat sulit untuk membuat konten yang berkualitas, karena fokus dan tujuan kontennya tidak jelas.
Sebaliknya, kalau ada website yang kontennya membahas tentang kata kunci tertentu dan isinya berkualitas, kemungkinan besar akan dilirik google untuk ditampilkan di halaman 1.
Contoh: Website A membuat artikel tentang tips bisnis online dengan pembahasan yang sangat jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Dengan demikian, website tersebut akan disukai google dan berpeluang besar untuk ditampilkan di halaman 1.
Bahkan terkadang, website yang tingkat persaingan kata kuncinya rendah bisa tampil di halaman 1 google tanpa menggunakan teknik backlink.
Salah satu alasannya, website tersebut memiliki konten artikel yang isinya berbobot sehingga disukai pembaca.
Keyword/kata kunci berada dalam sisi pengunjung
Kita telah membuat sebuah artikel yang sangat bagus dan menarik, apakah artikel tersebut tampil di halaman hasil pencarian? Bisa ya, bisa tidak, tergantung pengunjung internet. Apakah kita mengetahui keyword/kata kunci apa yang ditulis oleh pengunjung internet di mesin pencari? Kita hanya bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan kata kunci apa yang akan ditulis pengunjung internet. Perilaku penggunaan internet tidaklah sama dalam menuliskan keyword dan kita tidak bisa memaksa (kecuali kontes SEO).Misalkan seseorang akan mencari artikel “cara membuat karya penelitian” mungkin akan ditulis keyword di mesin pencari: artikel pendidikan, artikel, cara membuat artikel, karya penelitian, contoh pembuatan penelitian, dan lain-lain. Kata-kata/frase tersebut merupakan keyword atau kata kunci pengunjung internet. Dan apabila terjadi kecocokan keyword dengan kata-kata/frase dalam artikel di website yang telah terindeks mesin pencari, maka akan ditampilkan dalam hasil mesin pencari.
Dengan kata lain, meskipun website/blog atau artikel yang bagus dan menarik sekali pun, tidak akan tampil di halaman mesin pencari apabila tidak ada kesesuaian dengan kata kunci yang ditulis oleh pengguna internet.
2 jenis keyword pada artikel
Menempatkan kata kunci keyword pada artikel merupakan salah satu tehnik SEO. Namun penggunaan kata kunci pada blog haruslah tepat sehingga blog bisa dengan cepat di temukan oleh mesin pencari googel ( google search ). Penempatan kata kunci pada blogg merupakan suatu hal yang mendasar yang berperan sangat penting dalam sebuah blog namun sering dilupakan oleh para blogger karena terlalu focus pada jumlah keyword maupun keyphrase pada artikel yang akan di publis.
Ada 2 jenis keyword yang perlu kamu ketahui, apa itu? Simak penjelasan berikut ini:
Jenis keyword ini biasanya mempunyai tingkat persaingan (kompetitor) yang sangat tinggi karena penggunaan kata kunci yang kurang ‘spesifik’.
Berikut contoh penggunaan short tail keyword:
Berdasarkan contoh diatas, pada saat saya melakukan riset penggunaan kata kunci ‘Blog’, maka dapat dilihat yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci ini memang banyak, tetapi mempunyai tingkat persaingan yang tinggi, sehingga artikel yang menggunakan kata kunci ‘Blog’ akan sulit bersaing di mesin pencarian. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan ‘kata kunci turunan’ yang lebih spesifik.
Kata kunci turunan dinamakan Long Tail Keyword. Apa itu long tail keyword? Simak klarifikasi dibawah ini.
Long tail keyword biasanya lebih spesifik, tertarget, dan tingkat persaingan kata kunci yang digunakan pada mesin pencarian juga kecil.
Perhatikan contoh dibawah ini:
Jika pada short tail keyword kamu menggunakan kata kunci ‘Blog’, maka alangkah baiknya jika kamu melakukan penambahan kata agar kata kunci kamu lebih spesifik dan persaingannya lebih mudah. Misalnya seperti contoh di atas, kamu dapat menggunakan kata kunci ‘Cara Membuat Blog’. Selain jumlah pencarinya banyak mencapai 40.500 perbulannya, dan tingkat persaingannya pada mesin pencari juga cenderung mudah.
Itulah dua jenis keyword yang harus kamu pahami sebelum menggunakan keyword untuk website atau blog kau. Jika kamu masih galau atau belum mengerti, kau bisa meninggalkan pesan di kolom komentar.
Ada 2 jenis keyword yang perlu kamu ketahui, apa itu? Simak penjelasan berikut ini:
1. Short Tail Keyword
Short tail keyword merupakan kata kunci yang singkat dan pada umumnya terdiri dari satu atau dua kata.Jenis keyword ini biasanya mempunyai tingkat persaingan (kompetitor) yang sangat tinggi karena penggunaan kata kunci yang kurang ‘spesifik’.
Berikut contoh penggunaan short tail keyword:
Berdasarkan contoh diatas, pada saat saya melakukan riset penggunaan kata kunci ‘Blog’, maka dapat dilihat yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci ini memang banyak, tetapi mempunyai tingkat persaingan yang tinggi, sehingga artikel yang menggunakan kata kunci ‘Blog’ akan sulit bersaing di mesin pencarian. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan ‘kata kunci turunan’ yang lebih spesifik.
Kata kunci turunan dinamakan Long Tail Keyword. Apa itu long tail keyword? Simak klarifikasi dibawah ini.
2. Long Tail Keyword
Long tail keyword merupakan kata kunci turunan dari kata kunci short tail keyword.Long tail keyword biasanya lebih spesifik, tertarget, dan tingkat persaingan kata kunci yang digunakan pada mesin pencarian juga kecil.
Perhatikan contoh dibawah ini:
Jika pada short tail keyword kamu menggunakan kata kunci ‘Blog’, maka alangkah baiknya jika kamu melakukan penambahan kata agar kata kunci kamu lebih spesifik dan persaingannya lebih mudah. Misalnya seperti contoh di atas, kamu dapat menggunakan kata kunci ‘Cara Membuat Blog’. Selain jumlah pencarinya banyak mencapai 40.500 perbulannya, dan tingkat persaingannya pada mesin pencari juga cenderung mudah.
Itulah dua jenis keyword yang harus kamu pahami sebelum menggunakan keyword untuk website atau blog kau. Jika kamu masih galau atau belum mengerti, kau bisa meninggalkan pesan di kolom komentar.
4 Dasar Pencarian Kata Kunci dan Riset Keyword
Pada dasarnya ada 4 komponen penting yang harus diperhatikan dalam menentukan kata kunci, yaitu:
- Search Volume – Berapa banyak sebuah kata kunci atau keyword dicari di google dalam kurun waktu tertentu.
- Keyword Dificulity – Tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk bersaing di halaman pertama mesin pencari.
- Keyword Suggestion – Merupakan saran kata kunci yang masih berkaitan dengan kata kunci yang anda cari. Biasanya keyword tool akan menunjukkan saran kata kunci yang mengandung 3 kata atau lebih, para praktisi SEO biasa menyebutnya Long Tail Keyword.
- Search Engine Result Page (SERP) – SERP menunjukkan artikel – artikel peringkat teratas di hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang kalian targetkan.
Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Teknik Seo Mengenal Istilah Keyword (Kata Kunci) Blog"
Posting Komentar