Terbaru - √ Pengertian Transaksi Dan Bukti Transaksi Terlengkap

Berikut ini pengertian transaksi dan bukti transaksi yang dibahas secara lebih lengkap sanggup kau baca dan pahami dibawah ini:


A. Apa itu transaksi?


Transaksi yaitu suatu jadwal perusahaan yang mengakibatkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, contohnya menyerupai menjual, membeli, membayar honor, serta membayar aneka macam macam biaya yang lainnya.


Administrasi transaksi yaitu suatu kegiatan untuk mencatat berbagai perubahan posisi keuangan dari sebuah perusahaan yang dilakukan secara kronologis, dengan metode-metode tertentu sehingga hasil pencatatan sanggup di komunikasikan kepada pihak lainnya.


Lalu pengertian transaksi keuangan ialah kegiatan ekonomi yang sanggup diukur dengan satuan uang tertentu, yang mampu mengubah posisi keuangan perusahaan tersebut.


Dan pengertian transaksi bisnis yaitu mampu di artikan sebagai insiden-insiden ekonomi dari suatu bisnis yang secara eksklusif mensugesti kondisi keuangan suatu bisnis, Ini merupakan kegiatan dasar yang mendefinisikan status dalam bisnis.


a. Jenis-jenis transaksi


Pada umumnya transaksi yang terjadi pada kehidupan sehari-hari di dalam suatu perusahaan terbagi menjadi 2 (dua) jenis, diantaranya yaitu :


Transaksi internal yaitu suatu transaksi yang terjadi yang melibatkan hanya penggalan-pecahan yang terdapat di dalam perusahaan saja, lebih menekankan perubahan posisi keuangan yang terjadi antara potongan yang ada dalam perusahaan contohnya ibarat memo dari pimpinan kepada seseorang yang ditunjuk, perubahan nilai dari harta kekayaan alasannya penyusutan, pemakaian perlengkapan kantor. Lebih tepatnya dibuat dan juga dikeluarkan oleh perusahaan itu sendiri. Selain itu sanggup juga diartikan sebagai bukti pencatatan atas kejadian-peristiwa yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri. Contohnya menyerupai : penghapusan piutang usaha, pengalokasian beban dan lain-lain.


Transaksi eksternal yaitu suatu transaksi yang melibatakan pihak dari luar perusahaan. Seperti contohnya: transaksi penjualan, pembelian, pembayaran hutang piutang dan lain-lain.



Pengertian faktur dan contohnya secara lengkap.


Kwitansi (official receipt) yaitu suatu bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran suatu barang ataupun yang lainnya. Kwitansi dibentuk serta ditanda tangani oleh pihak yang mendapat uang dan juga diserahkan kepada pihak yang telah melakukan pembayaran. Kwitansi pada umumnya terdiri dari dua serpihan, potongan pertama diberikan kapada pihak yang membayar yaitu sebagi bukti pencatatan pengeluaran uang, sedangkan potongan yang tertinggal (Sub atau bonggol kuitansi) mampu dijadikan sebagai bukti pencatatan penerimaan uang.


Baca juga: Pengertian kwitansi dan fungsinya rangkuman terjelas.


Nota debet (debit memo) yaitu perhitungan atau pemberitahuan yang dikirim suatu perusahaan atau suatu badan usaha kepada konsumennya, bahwa akunnya telah didebet dengan nominal/jumlah tertentu. Penerina nota debet ini akan mencatat pada akun pihak pengirim nota pada sisi kredit.


Nota kredit yaitu pemberitahuan atau perhitunganyang dikirim suatu perusahaan atau badan perjuangan kepada pelanggannya, bahwa akunnya telah dikredit dengan nominal/jumlah tertentu. Penerima nota kredit ini, akan mencatat pada akun pihak – pihak pengirim nota pada sisi debet.


Cek (cheque) yaitu suatu surat perintah yang tidak bersyarat kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu ketika waktu surat tersebut diserahkan kepada bank, kemudian ditandatangani oleh pihak yang menjadi nasabah  suatu bank serta mempunyai simpanan pada bank tersebut dalam bentuk giro. Lembaran cek terdiri dari dua potongan, diantaranya: lembar utama yang diserahkan kepada pihak lain sebagai alat pembayaran, dan juga struk/bonggol cek untuk dijadikan bukti tambahan transaksi yang disatukan dengan kuitansi bukti dari pembayaran.


Bilyet giro yaitu suatu surat perintah dari nasabah suatu bank, kepada bank yang berkaitan/bersangkutan untuk memindah bukukan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening si peserta yang namanya telah disebut dalam bilyet giro pada bank yang sama ataupun pada bank yang lain. Penerima bilyet giro tak sanggup menukarkannya dengan uang tunai kepada bank yang bersangkutan, Akan tetapi hanya saja sanggup menyetorkan bilyet giro kepada bank sebagai aksesori simpanan pada rekeningnya.


Baca juga: Pengertian giro singkat dan terperinci.


Rekening Koran yaitu suatu bukti mutasi kas di bank yang disusun oleh bank untuk para nasabahnya, dan juga digunakan sebagai dasar pembiasaan pencatatan antara saldo kas berdasarkan perusahaan, dan juga saldo kas menurut bank.


Bukti setoran bank yaitu dikala atau setiap melakukan setoran bank, harus mengisi slip setoran yang telah disediakan oleh bank terlebih dahulu.


Bukti memorandum yaitu suatu bukti transaksi yang dikeluarkan oleh pimpinan perusahaan ataupun orang yang diberi wewenang untuk insiden-kejadian yang berlangsung didalam internal perusahaan tersebut dan umumnya terjadi pada selesai periode mirip memo untuk mencatat honor para pegawai yang masih dibayar.


Bukti kas masuk dan bukti kas keluar yaitu bukti kas masuk yaitu bukti atas penerimaan uang ataupun kas yang dilengkapi dengan buktinya.Seperti contohnya: kwitansi dan nota. Bukti kas keluar yaitu suatu bukti transaksi pengeluaran kas ataupun pembayaran. Seperti contohnya: kwitansi dari kreditur dan nota kontan asli.


Itulah artikel atau penjelasan tentang definisi transaksi dan bukti transaksi secara lengkap, terimakasih telah berkunjung dan agar artikel ini mampu bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - √ Pengertian Transaksi Dan Bukti Transaksi Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel