Terbaru - Cara Menentukan Target Keyword & Riset Kata Kunci Artikel

Cara Menentukan Target Keyword & Mengetahui Kata Kunci Artikel - Riset Kata kunci yang tepat merupakan salah satu cara efektif agar produk atau layanan anda dikenal lebih luas oleh publik. Jumlah traffic yang didapatkan oleh sebuah website bisa dipengaruhi oleh penentuan keyword yang ditetapkan oleh website tersebut. Hal inilah yang menyebabkan keyword menjadi salah satu bagian penting dalam menjalankan strategi bisnis.

Riset keyword yang tepat akan membantu artikel atau website tertentu mampu tampil di halaman pertama Google. Masalahnya, tak semua orang memahami bagaimana menentukan keyword pada artikel atau website miliknya agar ranking pencariannya di Google terus menanjak. Pada artikel ini, akan dibahas satu persatu tool dan tip menggunakannya agar anda bisa menentukan keyword tepat sesuai bisnis anda sehingga website yang anda kelola bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

Menargetkan kata kunci (keyword) yang sempurna pada artikel sangat penting untuk membantu website gampang ditemukan di mesin pencarian. Kata kunci juga sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO.
Di dikala membuat artikel, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan kata kunci yang sesuai dengan topik artikel. Untuk menemukan kata kunci yang sempurna, ada beberapa tools yang dapat membantu kamu.

Riset keyword adalah bagian yang terpenting sebelum Anda memulai mengoptimasi website atau sebelum Anda menulis artikel didalam blog Anda, karena kalau riset kata kuncinya salah hasilnya juga tidak akan optimal, percuma saja Anda berdarah-darah di SEO Onpage dan Offpage tetapi Anda salah dalam memilih keyword.

Riset keyword bisa dibilang cara untuk mengenali musuh Anda, kata kunci apa saja yang harus Anda targetkan, bagaimana kompetisinya, bagaimana monetize nya jika target kata kunci sudah di halaman pertama.

Tujuan dari riset keyword BUKAN hanya untuk mencari kata kunci yang gampang untuk masuk halaman pertama. Tujuan dari riset keyword adalah mencari kata kunci yang berpotensi menghasilkan trafik tinggi dan juga bernilai tinggi untuk Bisnis Anda.

Bagaimana memilih kata kunci yang bernilai tinggi saya bahas pada artikel berikutnya. Artikel kali ini saya akan bahas bagaimana mencari ide kata kunci untuk website Anda.

Agar tujuan tersebut bisa tercapai, banyak cara yang dilakukan, mulai dari blog walking, menerbitkan artikel setiap hari hingga membidik kata kunci yang tepat. Kali ini saya ingin berbagi tentang cara yang bisa kita lakukan untuk mencari kata kunci tersebut.

Mengapa harus mencari kata kunci? Karena semakin mahir Anda membidik dan memainkan kata kunci, maka blog Anda bisa mendatangkan visitor dengan cepat. Kita harus pintar memanfaatkan 2 jenis keyword. Yaitu long tail keyword dan short tail keyword.

Hal pertama yang harus diketahui bagi orang yang ingin membuat blog adalah bagaimana cara riset keyword atau cara riset kata kunci. Jangan heran apabila Anda salah dalam menentukan cara riset keyword maka otomatis akan membuat blog menjadi sepi pengunjung.

Dengan memilih cara riset keyword yang tepat, blog yang Anda miliki tidak akan sepi pengunjung, karena keyword sendiri sangat berpengaruh terhadap performa website atau blog yang Anda miliki pada hasil pencarian. Oleh karenanya para pemilik website atau blog diwajibkan mengetahui apa saja yang sedang banyak dicari oleh pengunjung pada mesin pencari supaya dapat menemukan keyword yang tepat dengan mengetahui bagaimana cara riset keyword itu sendiri.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara riset keyword, alangkah lebih baik Kita paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keyword. Untuk itu, simak pengertiannya di bawah ini!

Apa Itu Pengertian Keyword

Keyword merupakan kata kunci berupa kata-kata atau frasa yang sering digunakan oleh orang-orang pada mesin pencarian di Google. Seperti contohnya, Anda ingin liburan ke Padang, kemudian Anda melakukan pencarian pada Google dimana tempat wisata yang menarik yang tedapat di Padang.

Lalu Anda mengetikan kawasan wisata menarik di Padang pada laman pencarian Google. Nah, frasa tempat wisata menarik di Padang inilah yang disebut sebagai keyword atau kata kunci. Pencarian keyword yang dilakukan akan direkam pada search engine Google.

Hal yang Harus Diperhatikan pada Cara Riset Keyword

Dalam melaksanakan riset keyword, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan cara riset keyword. Diantaranya:

1. Volume Pencarian

Volume pencarian atau biasa disebut sebagai search volume merupakan banyaknya jumlah kata kunci yang dicari dalam Google pada kurun waktu tertentu. Pada keyword tool dalam cara riset keyword biasanya akan menampilkan jumlah total pencarian di Google dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

2. Saran Kata Kunci

Ketika melakukan cara riset keyword pada keyword tool akan memberikan saran kata kunci berkaitan dengan kata kunci yang Kita butuhkan. Contohnya, Anda ingin mencari kata kunci resep rendang, maka keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti cara membuat resep rendang, resep rendang mudah, cara membuat resep rendang gratis.

Pada saran kata kunci ini, jenis long tail keyword akan lebih banyak ditemukan alasannya dengan memakai long tail keyword akan lebih banyak menarik pengunjung untuk singgah ke blog yang Kita miliki.

3. Tingkat Kesulitan Keyword

Semakin besar skala tingkat kesulitan dari keyword yang Kita miliki akan semakin besar kesempatan untuk meraih posisi pertama pada hasil pencarian.

4. SERP atau Search Engine Result Page

SERP ditujukan untuk menunjukkan halaman-halaman website yang menempati peringkat paling atas didalam hasil pencarian pada riset keyword. Hal tesebut berfungsi biar Kita dapat melihat dan mempelajari kualitas halaman-halaman website tersebut dalam menerapkan cara riset keyword.

Keyword Tool untuk Target Keyword & Kata Kunci Artikel

Disini ada beberapa Tool Untuk Analisa Keyword dan Riset Kata Kunci yang Tepat dan Sebelumnya, saya sudah menciptakan posting wacana cara riset keyword, bahu-membahu tidak jauh berbeda. Hanya saja, pada artikel ini saya ingin membahas dengan pembahasan yang sederhana saja. Kita eksklusif mencari kata kunci untuk dijadikan sasaran posting.Berikut tools untuk menemukan kata kunci:

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan salah satu tools yang dimiliki oleh Google untuk mencari kata kunci. Google Keyword Planner sanggup memperlihatkan tingkat popularitas dari beberapa kata kunci yang sedang animo.

Cara kerja Google Keyword Planner:

a. Masukkan Kata Kunci Baru
Sebelum menemukan kata kunci yang sempurna, masukkan beberapa ide kata kunci baru yang akan kau pakai. Google Keyword Planner akan menampilkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari kata kunci tersebut. Kamu bisa mengatur jumlah pencarian menurut waktu yang kau inginkan, seolah-olah : “last month” , “last 7 days” atau “last 12 months”
b. Analisa Hasil Penelusuran Kata Kunci
Untuk Analisa Riset kata kunci Berdasarkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulannya, kau bisa membandingkan antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya. Hal ini akan mempermudah kamu memilih kata kunci yang paling banyak dicari setiap bulannya.

2. KWFinder

Hampir sama dengan Google Keyword Planner, KWFinder juga sanggup dipakai untuk mencari kata kunci yang sempurna. KWFinder juga akan menelusuri beberapa kata kunci menurut jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari sebuah kata kunci.
KWFinder cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam menemukan kata kunci. Namun untuk versi yang free, fitur yang disediakan terbatas. Kamu perlu meng-upgrade akun ke premium untuk melihat fitur yang lebih lengkap.

Cara Kerja KWFinder:

a. Masukkan Kata Kunci Baru
Sebelum mendapatkan kata kunci yang tepat, kau perlu menyediakan kata 1 kata kunci baru untuk artikel kamu.
b. Analisa Hasil Penelusuran Kata Kunci
KWFinder akan menampilkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari kata kunci yang kamu masukkan dan beberapa kata kunci lain yang saling berhubungan.
Perhatikan rujukan hasil penelusuran kata kunci di bawah ini:
Cara Riset Keyword dengan Ubersuggest Terbaru 2020

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Cara Menentukan Target Keyword & Riset Kata Kunci Artikel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel