Terbaru - #6 Sebab Adsense Cpc Rendah Dan Bpk Semakin Turun Tahun 2020

#6 Sebab Adsense CPC Rendah dan BPK Semakin Turun Tahun 2020 - CPC merupakan istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk setiap klik iklannya, tiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut.

CTR (Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil,  jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sebanyak 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

BPK biaya perklik atau CPC cost per click sangat dipengaruhi oleh pangsa pasar dan beberapa faktor misalnya pengiklan menyampaikan suatu kata kunci kemudian menentukan bit untuk setiap iklan yang bersedia mereka bayar

#6 Sebab Adsense CPC Rendah dan BPK Semakin Turun

Dalam beberapa bulan terakhir nilai BPK yang semakin menurun membuat publsiher lokal gerah , ya nilai BPK sangat minim bahkan dibawah angka 100 rupiah dikarenakan beberapa hal dibawah ini

1. CPC rendah alasannya ekspresi dominan

Ada suatu musim dimana cpc iklan naik dan musim dimana cpc iklan turun , beberapa blogger senior beragument bahwa cpc adsense akan turun setiap awal tahun baru dan awal bulan kuartal misalnya saja untuk iklan mobil listrik dimana pengiklan bebas menaikkan bit ketika penjualan naik sebaliknya saat penjualan turun pengiklan juga menurunkan biaya cpc iklanya

2. Konten mengundang cpc rendah

Topik blog merupakan salah satu pertimbangan bagi google adsense untuk mendapatkan nilai cpc tinggi , misalnya topik blog tentang apartement lebih besar cpc-nya dibandingkan topik blog tentang seo.

Selain itu advertisement juga memilih mana keyword yang mau diambil dan mereka bebas menentukan nilai cpc nya , hal ini sudah berada diluar jangkauan publisher untuk membatasi iklan dengan biaya rendah

Oleh karena itu beberapa mastah hanya menggarap situs yang mentargetkan keyword dengan kriteria HPK tinggi sebaliknya untuk HPK rendah kebanyakan digangbang oleh para newbie

3. CPC turun menyesuaikan dengan kompetitor

FBAds merupakan salah satu pesaing terbesar dari iklan google adsense , hal ini dikarenakan harganya yang relatif murah dipengaruhi oleh interaksi pengguna dan berpeluang lebih laku dipasaran ketimbang menggunakan iklan googleads  . Demi menjaga pengiklan untuk bertahan pada layanan google tak jarang adsense menurunkan cpc pubslishernya

Persaingan ini menyebabkan google ads menawarkan taktik untuk menjaring sebanyak-banyak pengiklan dengan penawaran relatif rendah untuk versi mobile . Jika pengunjung blog anda kebanyakan datang dari perangkat seluler maka anda akan sadar perbedaan cpc antara iklan versi mobile dengan PC dimana versi mobile harganya relatif murah

4. Format iklan salah

Salah satu cara meningkatkan nilai cpc adalah dengan menggunakan format iklan yang tepat dan memberikan nilai ctr yang bagus . Untuk mendapatkan nilai cpc terbaik dalam situs resminya google adsense menyarankan publsiher untuk menggunakan ukuran iklan 720x90, 336x280, 160x600, dan spanduk seluler 320x100.

Jika dilihat semua ukuran iklan tampilanya cukup besar karena iklan besar nilai cpc nya juga tinggi , hal ini dikarenakan keterlihatan iklan lebih menonjol ketimbang attribut lain

5. Peletakan iklan kurang tepat

Jika anda merasa cpc iklan rendah coba lihat lokasi iklan anda sebagai visitor , apakah kira-kira anda melihat iklan yang terpampang di blog anda dengan jelas atau tidak . Coba evaluasi penempatan iklan agar lebih optimal

Terkadang iklan dengan lokasi strategis dan mendapatkan banyak klik justru cpc nya rendah hal ini dikarenakan sistem berusaha menyeimbangkan antara klik dengan cpc agar tidak merugikan pengiklan

Beberapa iklan dipasang dilokasi strategis memang mendatangkan banyak klik, namun sistem cenderung menurunkan cpc nya karena dianggap besarnya klik iklan akibat klik tidak sengaja atau disengaja berdampak merugikan bagi pengiklan adwords

Jadi meskipun ctr nya tinggi belum tentu cpc nya juga naik , karena jika klik tidak valid sistem akan  otomatis mengatur agar cpc iklan rendah jadi pastikan bahwa iklan anda nantinya hanya mendapatkan klik yang benar-benar valid meskipun tayanganya sedikit

6. Blokir iklan berlebihan

Sebagai publisher kita bebas menentukan mana iklan yang boleh tampil mana iklan yang harus dicekal karena dianggap tidak relevans bagi situs mereka , jika cara ini dilakukan dengan benar pastinya iklan layanan masyarakat atau ecommerce dengan cpc rendah akan diblokir oleh sistem

Masalah nya ada beberapa iklan yang sifatnya dinamis berubah sesuai kepentingan , jika iklan ini suatu saat harganya mahal maka pubsliher sendiri akan dirugikan . Pencekalan iklan menyebabkan penurunan lelang dan persaingan otomatis nilai cpc juga menurun .

Solusinya anda jangan asal mencekal iklan yang katanya biaya klik nya rendah . coba pertimbangkan nice blog anda apakah ramai kemudian lintas pengiklan atau tidak lantaran intinya hanya pengiklan dan google yang tau harga klik iklan yang bahu-membahu


Penyebab BPK Adsense turun meski pengunjung blog sedang naik


Hal yang saya lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara masuk ke akun adsense dan membuka sub menu block ads and review.

Jika anda menemukan deretan iklan iklan yang di sana masih dalam status unreviewed maka saatnya untuk memilih jenia iklan yang sesuai dengan isi konten dalam blog kita.

Detail caranya saya tidak bisa memberikan menggunakan gambar di karenakan ini hanya posting melalui smartphone.

Jika blog anda berisi tentang artikel yang berkaitan dengan otomotif maka anda bisa memilih jenia iklan yang berhubungan dengan otomotif.

Caranya menggunakan kotak filter pencarian di laman tersebut dengan mengetikan nama jaringan iklan, domain atau url pemasang iklan adword dll.

Jadi dengan begitu mudah mudahan masalah BPK menurun ini akan teratasi dan pendapatan anda kembali naik sekaligus stabil seperti biasanya.

Silahkan di coba saja dulu, dan jika ada perubahan silahkan share di sini agar yang lain juga bisa mengukuti jejak anda.

Demikianlah artikel singkat tentang penyebab BPK adsense turun di bulan ini, semoga berguna dan bermanfaat buat kita.


Baca

Baca Juga

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - #6 Sebab Adsense Cpc Rendah Dan Bpk Semakin Turun Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel