✔ Cara Mengatasi Anak Yang Suka Menggigit Temannya

Cara Mengatasi Anak yang Suka Menggigit Temannya - Yang namanya bawah umur atau balita tentunya sering melaksanakan hal yang aneh-aneh, disinilah orang bau tanah dituntut harus sanggup sabar.

Sebagian anak mungkin sering melaksanakan hal aneh berupa menggigit orang lain. Hal ini akan sangat merepotkan orang bau tanah alasannya ialah harus sibuk meminta maaf ihwal kesalahan anaknya.

Cara Mengatasi Anak yang Suka Menggigit Temannya  ✔ Cara Mengatasi Anak yang Suka Menggigit Temannya
Anak Kecil | Photo credit: Flickr.com / AngryJulieMonday

Perlu diketahui, balita usia 1-3 tahun umumnya sangat ingin tau dan suka sekali menggigit obyek yang dipegangnya.

Baca Juga : 10 Penyebab Anak Susah Tidur Malam (Cara Mengatasinya)

Hal ini sanggup berlanjut dimana balita mungkin sanggup menggigit orang tua, abang ataupun temannya.

Kebiasaan anak yang suka menggigit ini sanggup Anda hilangkan secara perlahan. Apalagi kalau anak masih berumur 1-3 tahun maka hal ini masih tergolong wajar.

Dimana balita mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi, selalu ingin tau pada setiap hal yang gres dilihatnya. Balita tentunya belum paham dengan apa yang dilakukannya, dirinya belum tahu bahwa menggigit orang lain ialah hal yang tidak baik.

Di sinilah tugas penting orang bau tanah mengajari anak untuk tidak menggigit orang lain, anak diberitahu bahwa menggigit akan menyakitkan orang lain. Perlu waktu dan kesabaran untuk mengubah kebiasaan anak.

Rasa ingin tau pada balita menjadi motivasi menggigit, balita ingin melihat balasan orang-orang dari tindakannya, apakah marah, kaget, tertawa, menangis, atau lainnya.

Baca Juga : Bahaya Membully Anak Bagi Ibu Sendiri

Balita menggigit sanggup juga sebagai lisan rasa murka atau ngambeknya. Dimana balita yang masih kesulitan dalam menjelaskan kondisi emosi mereka, maka tindakan yang dilakukannya ialah menggigit.

Balita juga menggigit ketika merasa tidak diperhatikan, tidak ditanggapi (diabaikan) atau semacamnya, menggigit menjadi sebuah cara balita untuk berkomunikasi biar memperoleh perhatian.

Jika Anda Mendapati Anak Anda Menggigit


Jika Anda memergoki si kecil menggigit orang lain (misalnya sobat sebayanya), maka hal pertama yang harus Anda lakukan ialah “jangan panik”. Anda harus tetap berifikir jernih.

Hindari memarahi anak, termasuk berteriak kepadanya. Hal yang terbaik dilakukan ialah menjauhi anak dari orang yang digigitnya.

Intinya buat kondisi terkendali, tidak perlu marah-marah alasannya ialah menciptakan kondisi lebih buruk.

Buatlah kondisi tenang, sesudah kondisi hening kembali maka barulah menanyakan anak mengapa dirinya menggigit orang lain.

Baca Juga : Sistem pembelajaran ICARE

Berilah anak pengertian bahwa perbuatannya tidak baik, salah satu caranya yaitu menunjukkan bekas gigitannya yang menyakiti orang lain.

Jika anak merenungkannya dan sanggup memahaminya maka sangat bagus. Sehingga anak nantinya tidak lagi mengulangi perbuatannya itu.


Didiklah Anak Bahwa Mengigit Orang Lain Itu Tidak Baik


Mengajarkan anak tentunya butuh waktu usang dan harus sabar. Mengajarkan anak juga hanya sanggup dilakukan secara perlahan.

Oleh alasannya ialah itu, ketika suasana sedang baik maka orang bau tanah sanggup bertahap mengajarkan anak hal-hal yang penting, menyerupai dilarang menggigit orang lain.

Anak diberitahu bahwa menggigit akan sangat menyakiti orang lain. Jika anak Anda masih berumur 1-2 tahun maka sanggup menunjukkan empeng untuk mengalihkan perhatiannya yang suka menggigit.

Jika anak belum sanggup mengeluarkan ekspresinya (unek-uneknya), orang bau tanah perlu mengajari anak untuk mengekspresikan dirinya, menyerupai ketika sedih, marah, butuh perhatian ataupun kesal. Hal ini akan mencegah anak meluapkan perasaannya dengan cara menggigit.

Anda sanggup menerapkan metode yang “sedikit memaksa” biar anak tidak lagi suka menggigit temannya, caranya yaitu tidak menunjukkan apapun yang diingini anak kalau menggigit. Orang bau tanah perlu menunjukkan warning mengenai hal ini secara terperinci pada anak, sehingga anak akan mulai berpikir bahwa tindakan menggigit itu sangat buruk.

Akan tetapi metode ini kemungkinan besar gagal kalau anak dari dulu sudah terlalu dimanja. Dimana anak yang terlalu dimanja akan susah untuk diajak berpikir.

Orang bau tanah harus mengetahui gejala anak yang ingin menggigit, menyerupai mata anak terlihat melotot, emosi, menggeretakkan gigi, diri anak terlihat tegang dan semacamnya.

Jika Anda melihat tanda-tandanya maka jauhkan anak dari teman-teman sebayanya, bawa anak ke lokasi yang sepi dan tenangkan jiwa anak.

Hal Penting Lainnya


Ajarkan anak cara mengungkapkan perasaannya, dimana balita belum berilmu menyampaikan apa yang dipikirkannya sehingga menggigit menjadi cara dirinya untuk menerangkan perasaannya.

Jika anak belum berilmu berbicara maka ketika dirinya terancam dan ingin membela diri, beliau akan menggigit sebagai cara untuk membela diri, tujuannya biar orang yang digigit akan menjauh.

Adapun kalau anak sudah sanggup berbicara untuk mengusir orang yang menganggunya, maka anak tidak lagi perlu menggigit.


Hal-hal lainnya yang perlu diajari pada anak:
  • Jika anak bertingkah laris manis dan baik maka berikan kebanggaan atas perilakunya, cara ini sanggup membantu untuk menghilangkan impian menggigit. 
  • Ajarkan cara mengungkapkan perasaan. Contohnya memeluk dan mencium untuk mengungkapkan rasa kasih sayang.
  • Contoh lainnya, ketika ingin mencari perhatian maka caranya sanggup dengan mencolek atau menarik ujung baju. 
  • Jika anak tidak ingin ada orang didekatnya, maka anak sanggup mendorong pelan orang tersebut (tidak perlu menggigitnya).
  • Untuk mengalihkan kebiasaan menggigit maka berikan acara pada anak menyerupai bermain di taman atau tempat-tempat yang menyenangkan, membantu Ibu memasak, berenang atau lainnya.
Baca Juga : Teori Perkembangan Perilaku Sosial

Orang bau tanah harus mempunyai waktu berkualitas yang lebih banyak bersama anak, ini penting untuk membangun komunikasi intens antara orang bau tanah dan anak, dimana pada masa-masa bersama ini orang bau tanah sanggup mengajarkan banyak hal mempunyai kegunaan pada anak.

Sumber dan acuan :

  • https://id.theasianparent.com/cara-hentikan-kebiasaan-anak-suka-menggigit
  • https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/mengatasi-anak-suka-menggigit/
  • https://www.haibunda.com/parenting/20190115110210-62-31838/4-langkah-mudah-menghentikan-kebiasaan-si-kecil-yang-suka-menggigit

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Mengatasi Anak Yang Suka Menggigit Temannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel